Kamis, 06 Desember 2018

Bahaya Endometriosis Bagi Kesehatan Wanita

Bahaya Endometriosis Bagi Kesehatan Wanita

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke website Obat Endometriosis Tanpa Operasi di Apotik. Sebuah website yang menyediakan berbagai macam layanan informasi terkini dan terupdate. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Bahaya Endometriosis Bagi Kesehatan Wanita. Sebelum lebih jauh membahas mengenai pengobatan endometriosis, terlebih dahulu kami akan membahas mengenai Bahaya Endometriosis Bagi Kesehatan Wanita. Selamat Menyimak ... :)



Sering sakit perut, panggul, menstruasi tidak teratur, dan nyeri ketika berhubungan seksual? Mungkin Anda terkena penyakit endometriosis. Penyakit yang tidak bergejala ini jika tidak segera diobati bisa mengancam kesehatan reproduksi wanita, bahkan berujung pada kematian.

Endometriosis adalah suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim.

Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. Namun pada penderita endometriosis, endometriumnya justru salah tempat dan biasanya melekat pada ovarium (indung telur) dan ligamen penyokong rahim.

Menurut Dr Sulaiman Heylen, spesialis reproduksi dari Cape Fertility Clinic, seperti dikutip Health 24, Selasa (6/10/2009), sebanyak 80 persen perempuan yang mengalami sakit di daerah panggul memiliki kasus endometriosis, dan 25 persen diantaranya mengalami masalah ketidaksuburan.

Endometriosis merupakan salah satu penyakit, di mana di temukan bercak bercak jaringan tubuh endometrium yang berusha tumbuh di luar rahim. Padahal seharusnya, endometrium ini ada dan hanya di temukan di dalam lapisan perut rahim wanita. Letaknya berada di lapisan rongga perut, atau berada hanya sebatas di permukaan organ perut. Sayangnya, penderita dari endometriosis ini salah tumbuh di organ lain. Misalnya, malah tumbuh di ovarium atau indun telur, ligamen penyokong rahim, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penuturan dari seorang dokter spesialis reproduksi, di Cape Fertility Clinic, yang sudah di kutip dari Health pada 2009 lalu, Dr Sulaiman Heylen mengatakan bahwa kurang lebih sebanyak 80% perempuan yang mengalami sakit di bagian panggul, memiliki kasus endometriosis. Hanya sekitar 25% wanita yang mengalami masalah ketidak suburan.

Sedangkan dari data statistik yang sudah di dapatkan, ada sekitar 5% perempuan yang ada di seluruh dunia (perkiraan sekitar 15.000.000) mengalami hal tersebut. Kenyataannya sepertiga dari masalah ketidak suburan, berawal dari kasus endometriosis. Sayangnya, Heylen menyayangkan tak ada satu organisasi atau kampanye yang mengingatkan betapa bahaya penyakit ini.

Apakah bahaya dari penyakit ini?

1. Mengalami siklus menstruasi lebih awal

Seseorang yang mengalami penyakit endometriosis cenderung mengalami siklus menstruasi lebih awal. Biasanya, pada wanita normal akan mengali menstruasi pada siklus 28 hari setelahnya. Tapi pada penderita endometriosis malah kurang dari 27 hari tersebut. Sebab penyakit ini menyerang bagian kesuburan wanita.

2. Mengalami siklus menstruasi lebih lama

Jika seseorang yang mengalami gangguan endometriosis bisa terkena siklus menstruasi lebih awal, maka kemungkinan lain juga pasti timbul. Kebalikannya, mereka yang punya gangguan endometriosis malah bisa mengalami siklus lebih lama dari biasanya. Sehingga jadwal menstruasinya bisa lebih dari 7 hari. Bahkan sampai 14 hari lamanya.

3. Mengalami menstruasi pertama lebih awal

Sekarang ini banyak anak gadis yang mengalami menstruasi lebih awal. Padahal biasanya wanita jaman dahulu mengalami menstruasi pada usia 14 tahun ke atas. Sekarang, bahkan wanita yang baru memasuki usia 10 tahun ada yang sudah mengalami menstruasi. Mungkin bisa jadi karena nutrisinya yang terlampau baik. Sehingga pertumbuhan hormon pertumbuhan dan perkembangannya juga baik. Tapi kemungkinan lainnya adalah mungkin bisa jadi anak ini terkena endometriosis.

4. Mengalami orgasme saat menstruasi

Selain itu, biasanya wanita yang tengah mengalami menstruasi ia dalam keadaan normal dan baik baik saja. Namun lain dengan wanita yang mengalami gangguan endometriosis. Kemungkinan besar ia mengalami orgasme saat sedang berada dalam kondisi menstruasi. Padahal hal Ini tidak terlalu baik untuk perkembangan ke depannya.

5. Mengalami obat sakit perut di beberapa organ tubuhnya

Rasa sakit dan nyeri saat menstruasi mungkin menjadi tradisi bagi sebagian orang, tapi sebagian yang lain tidak. Jika saat menstruasi anda mengeluhkan rasa sakit dan nyeri pada bagian perut dan panggul, ada resiko kemungkinan anda mengalami gangguan endometriosis. Wanita yang tidak acuh memang mengabaikan rasa sakit ini. Karena mereka pikir, ini merupakan rasa sakit biasa dari peluruhan dinding rahim yang tidak di buahi. Tapi siapa sangka, bisa jadi ini merupakan tanda tanda gejala bahwa anda mengalami gangguan endometriosis.

6. Merasa nyeri saat melakukan hubungan seksual

Masalah gangguan endometriosis memang menyerang anda yang sedang mengalami menstruasi. Tapi kenyataanya tidak juga. Sebab masalah ini akan terus mengintai anda, bahkan ketika sedang melakukan hubungan intim seksual dengan pasangan anda. penderita endometriosis akan mengalami rasa sakit ketika sedang melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

7. Kadang mengalami sakit saat kencing

Rasa sakit penderita endometriosis tidak bisa di abaikan begitu saja. Ketika ia mengalami hasrat ingin pipis, rasa sakit ini muncul. Bisa jadi endometriumnya menempel pada salah satu organ yang berperan dalam proses ekskresi. Pada ginjal misalnya.

8. Resiko kemandulan

Karena jaringan endometrium yang harusnye menempel di lapisan rahim malah tumbuh dan besar di jaringan organ lain, maka muncul kemungkinan lain pula. Salah satunya efek terbesar adalah mengalami kemandulan. Resiko ini adalah resiko terbesar ke dua yang mungkin akan di alami oleh wanita

9. Resiko kematian

Ini adalah resiko terbesar pertama pada penderita  gangguan endometriosis. Penyakit ini sangat mengancam organ reproduksi wanita, yang mana di anggap sangat penting. Maka jika anda merasa ada yang aneh dengan kondisi fisik diri anda, segera periksalah ke dokter. Bisa jadi ia adalah gejala dan tanda tanda endometriosis.

Sumber : ( adesyams & HaloSehat )

Apakah Anda Ingin Benar-Benar Sembuh Dari Penyakit Endometriosis Ini ?

Silahkan KLIK DISINI


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Bahaya Endometriosis Bagi Kesehatan Wanita. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan ini dapat membantu menjembatani proses penyembuhan penyakit yang anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar