Sabtu, 08 Desember 2018

Cara Pencegahan Endometriosis

Cara Pencegahan Endometriosis

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke website Obat Endometriosis Tanpa Operasi di Apotik. Sebuah website yang menyediakan berbagai macam layanan informasi terkini dan terupdate. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Pencegahan Endometriosis. Sebelum lebih jauh membahas mengenai pengobatan endometriosis, terlebih dahulu kami akan membahas mengenai Cara Pencegahan Endometriosis. Selamat Menyimak ... :)



Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan endometrium atau lapisan bagian dalam rahim di luar rahim. Lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim tetap berprilaku seperti lapisan yang ada di dalam rahim terutama saat haid, lapisan endometriosis ini juga menebal dan meluruh mengeluarkan darah. Oleh karena tidak ada jalan keluar, maka saat haid, darah pada endometriosis akan terperangkap di dalam rongga pinggul.

Intinya, endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di tempat lain. Endometriosis sering ditemukan saat seorang wanita memeriksakan diri karena belum bisa hamil.

Endometriosis juga berpengaruh pada fertilitas (kesuburan) karena terjadinya gangguan pada lingkungan rahim sehingga pelekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim terganggu. Pada kasus yang parah, dapat terjadi pelekatan pada rongga pinggul, saluran tuba ataupun indung telur yang sudah pasti mengganggu transportasi embrio.

Gejala Endometriosis

Nyeri saat haid memang normal, tetapi pada endometriosis, nyeri yang dirasakan lebih berat dari biasanya. Lalu, kian bulan nyeri yang dirasakan bertambah nyeri.

Nyeri pada endometriosis dirasakan bahkan sebelum darah keluar hingga sampai beberapa hari setelah haid. Penderita endometriosis bisa mengalami pendarahan berlebihan saat haid atau keluarnya darah haid di antara waktu haid.

Nyeri haid yang dirasakan tidak bisa dijadikan patokan parah atau tidaknya endometriosis. Ada yang endometriosis-nya ringan, tetapi nyeri-nya hebat, ada pula yang sebaliknya. Gejala endometriosis kadang mirip dengan penyakit radang pinggul atau kista ovarium, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan.

Menstruasi Retrograde

Menstruasi retrograde adalah penyebab tersering endometriosis. Menstruasi retrograde terjadi saat darah haid yang mengandung jaringan endometrium mengalir ke saluran tuba, lalu ke rongga pinggul.

Bila normalnya darah haid mengalir ke luar melalui "miss V", pada menstruasi retrograde darah haid mengalir ke saluran tuba. Darah haid yang mengalir ke saluran tuba selanjutnya keluar ke rongga pinggul, lalu jaringan endometrium-nya menempel di sana.

1.    Risiko Menderita Endometriosis
2.    Belum pernah melahirkan anak.
3.    Memiliki ibu atau saudara perempuan yang menderita endometriosis.
4.    Siklus haid kurang dari 27 hari dengan lama haid lebih dari 8 hari.
5.    Mengalami suatu kondisi saat darah haid tidak lancar keluar.
6.    Pernah menderita penyakit infeksi pada rongga pinggul.

Endometriosis dan Kehamilan

Komplikasi utama dari endometriosis adalah gangguan kesuburan. Sepertiga sampai setengah wanita yang menderita endometriosis akan mengalami kesulitan untuk hamil. Endometriosis yang kerap terjadi pada saluran tuba menghambat pertemuan sel telur dengan sel sperma. Hal itulah yang menyebabkan sulit terjadinya kehamilan.

Pencegahan

Endometriosis tidak dapat dicegah. Meski demikian, risiko akan berkembangnya endometriosis bisa dikurangi dengan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Estrogen itu sendiri berfungsi untuk membantu menebalkan lapisan rahim selama masa menstruasi. Begitu pula pada endometriosis.
Untuk menjaga agar kadar estrogen tidak meningkat, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :
  • Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB
  • Berolahraga secara rutin
  • Menghindari kebiasaan buruk seperti konsumsi minuman beralkohol
Sumber : ( KlikDokter & PustakaSehatku )

Apakah Anda Ingin Benar-Benar Sembuh Dari Penyakit Endometriosis Ini ?

Silahkan KLIK DISINI


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Pencegahan Endometriosis. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan ini dapat membantu menjembatani proses penyembuhan penyakit yang anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar